Cara Mengatasi Bibir Kering Paling Mudah

Bibir kering bisa terjadi pada siapa saja. Ada beberapa penyebab bibir kering yang harus diwaspadai. Misalnya, menggunakan kosmetik, paparan sinar matahari, kurang minum air, dll. Bibir kering juga membuat penampilan berkurang dan tidak percaya diri. Lalu, bagaimana mengatasi bibir kering ini?

Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering Paling Mudah

1. Mengoleskan Minyak Almond

Minyak almond dapat digunakan sebagai obat bibir kering karena kandungan asam lemaknya yang tinggi. Minyak almond mengandung asam lemak yang tinggi dan sering digunakan untuk mengobati eksim.

Anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes pada bibir Anda. Minyak almond juga merupakan bahan yang baik untuk merawat rambut kering dan rusak. Namun, lakukan tes alergi terlebih dahulu, karena beberapa orang alergi terhadap minyak almond.

2. Bisa Menggunakan Minyak Kelapa

Jika minyak almond terlalu sulit ditemukan, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat alami untuk bibir kering. Minyak kelapa adalah emolien yang baik, menambah kelembapan pada kulit, dan juga memiliki sifat anti-stafilokokus yang dapat membantu mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Minyak kelapa tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga dapat melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi penghalang pada kulit.

3. Konsumsi atau Oleskan Potongan Timun

Cara mengobati bibir kering juga bisa menggunakan mentimun. Mentimun adalah sayuran yang sempurna untuk menjaga bibir kering tetap terhidrasi dan sehat. Mentimun juga dapat memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit untuk membuat bibir halus. Anda bisa menggosok bibir dengan irisan mentimun, atau tumbuk mentimun dan peras jusnya kemudian usapkan ke bibir.

4. Eksfoliasi dengan Madu dan Gula

Bibir kering bisa diatasi dengan exfoliating atau pengelupasan sel kulit mati pada bibir. Ini dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membantu merehidrasi bibir. Gula bersifat abrasif yang menjadikannya eksfoliator alami yang hebat. Gula alami dalam madu bertindak sebagai humektan dan emolien untuk membantu meningkatkan kontrol air di kulit Anda.

Menurut Central Asian Journal of Global Health, madu dikenal dengan sifat anti bakteri, anti-inflamasi dan penyembuhan luka. Jadi madu telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk perawatan kulit dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Untuk mengatasi bibir kering, Anda bisa membuat campuran gula dan madu, lalu gunakan sikat lembut untuk menggosok bibir.

5. Gosokkan Teh Hijau ke Permukaan Bibir

Teh hijau merupakan bahan yang sudah lama digunakan sebagai obat bibir kering. Setelah seduhan kantong teh hijau, keluarkan dan oleskan ke bibir Anda untuk membantu melembutkan dan mencegah bibir pecah-pecah. Teh hijau kaya akan antioksidan dan mineral, serta polifenol yang membantu mengurangi peradangan.

Inilah beberapa cara alami dalam mengatasi bibir kering dan menghitam. Pastikan untuk menggunakan lip balm yang mengandung SPF di siang hari sehingga bibir tetap terlindungi dari paparan sinar matahari. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Orami.co.id dan temukan banyak artikel kecantikan yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.