Tahapan setelah Lolos SNMPTN 2022, yang Tidak Lolos Boleh Mendaftar UTBK-SBMPTN 2022

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada Selasa (29/3/2022) kemarin, pukul 15.00 WIB. Peserta SNMPTN 2022 juga dapat mengecek di link atau link masing masing PTN. Bagi peserta yang tidak lolos SNMPTN 2022 dapat mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

Batas waktu registrasi SBMPTN adalah 15 April 2022 pukul 15.00 WIB. Sedangkan bagi yang lolos SNMPTN 2022, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal hal apa saja yang perlu dipersiapkan bagi peserta yang lolos?

Selengkapnya, simak artikel ini. Dikutip dari berbagai laman PTN di Indonesia, berikut ini beberapa hal yang akan dilakukan jika lolos SNMPTN 2022. Proses verifikasi data wajib dilakukan pendaftar yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2022.

Setelah hasil seleksi diumumkan, calon mahasiswa baru dapat mencari informasi tentang verifikasi data melalui laman resmi PTN atau media sosialnya. Secara umum, merkea akan diminta untuk melengkapi biodata dan mengunggah dokumen registrasi di laman data akademik PTN. Mengenai teknis pelaksanaanya sesuai kebijakan PTN.

Jika kamu lolos SNMPTN 2022, kamu harus mencari tahu informasi mengenai PTN yang menerimamu. Ketentuan verifikasi pendaftar yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN 2022 bisa berbeda beda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Maka, pendaftar diharapkan selalu update dengan informasi tata cara verifikasi dokumen yang diperlukan untuk SNMPTN 2022.

Umumnya, dokumen yang diperlukan adalah slip gaji orang tua, rekening listrik (3 bulan terakhir), bukti Pembayaran Pajak Bumi (PBB) atau dokumen lain yang dapat membantu PTN menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Calon mahasiswa juga harus memantau pengumuman hasil verifikasi dokumen registrasi dan penetapan UKT. Calon mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan menjalani mekanisme yang sedikit berbeda.

Pihak PTN tidak hanya melakukan verifikasi data terkait akademik saja, namun juga data ekonomi calon mahasiswa baru. Tata cara verifikasi pemegang KIP ditentukan masing masing PTN, misalnya datang langsung ke alamat pendaftar atau dengan mengumpulkan dokumen dokumen yang diminta. Pihak kampus akan melakukan verifikasi, jika ada data yg tidak sesuai akan dihubungi melalui kontak nomor hp & email yang tertera dalam data registrasi.

Setelah proses selesai, calon mahasiswa akan diminta untuk membayar UKT sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan PTN. Mekanisme pembayaran UKT sesuai ketentuan PTN, seperti jadwal pembayaran dan sesuai Bank yang ditunjuk. Daftar ulang adalah hal wajib dilakukan calon mahasiswa baru pada PTN tujuan.

Pada tahap ini, peserta mencetak Bukti Registrasi, pembayaran UKT, dan mengambil jaket almamater di PTN sesuai jadwal di akun akademik PTN. Adapun jadwal, persyaratan, dan ketentuan untuk daftar ulang yang ditetapkan setiap PTN tidak sama. Informasi lengkap terkait pendaftaran ulang SNMPTN diberitahukan lebih lanjut di website resmi dan media sosial.

Peserta yang telah melakukan verifikasi data setelah lolos SNMPTN dan melakukan registrasi, maka tidak boleh mengikuti SBMPTN 2022. Pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2022 tidak diizinkan mengikuti UTBK–SBMPTN 2022. 1. Tidak perlu bersedih hati jika tidak lolos, karena tidak diterima SNMPTN 2022 bukan berarti tidak ada kesempatan menempuh pendidikan tinggi.

2. Tetap semangat, karena kamu masih dapat mengikuti jalur lain melalui UTBK dan SBMPTN 2022 atau jalur mandiri sesuai PTN pilihanmu. 3. Persiapkan diri, belajar dan cari banyak informasi mengenai SBMPTN 2022. *) Disclaimer:

Ketentuan bagi yang lolos SNMPTN di atas dapat berbeda beda sesuai PTN, dan hanya digunakan sebagai gambaran. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.