Mengenal Jenis-Jenis Pipa Paralon dan Pemanfaatannya

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Paralon dan Pemanfaatannya

Pipa PVC atau pipa paralon merupakan salah satu elemen penting dalam instalasi rumah tinggal. Alat ini bisa berfungsi untuk berbagai kebutuhan, mulai dari saluran air limbah, saluran air bersih, hingga pelindung untuk kabel listrik.

Demi memenuhi semua kebutuhan tersebut, pipa paralon memiliki beragam jenis dan juga ukuran sehingga pemanfaatannya bisa sangat beragam. Hal inilah yang perlu kamu tahu jika ingin memanfaatkannya.

Oleh karena itu, marilah kita simak bersama apa saja jenis-jenis pipa paralon yang bisa kita temui, dan seperti apa pemanfaatannya.

Jenis-Jenis Pipa PVC

Dilansir dari situs berita Kumparan, setidaknya ada 5 jenis pipa paralon yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kelima jenis pipa tersebut antara lain:

1. Pipa SDR-41

Pipa SDR-41 memiliki ketebalan yang cukup efektif untuk mengalirkan fluida berupa limbah tanpa tekanan. Itulah kenapa pemanfaatan pipa jenis ini secara umum untuk saluran pembuangan limbah.

Penjualan pipa ini biasa berukuran 6 meter per batangnya dengan diameter 3 inch sampai dengan 24 inch. Jika kamu sering melihat paralon dijual dengan warna putih, untuk jenis ini biasanya menggunakan warna coklat.

2. Pipa JIS Tipe AW

Berikutnya, ada jenis paralon JIS Tipe AW, yaitu merupakan jenis pipa berstandar Jepang dan merupakan pipa paling tebal. Pipa satu ini mampu menahan tekanan sampai dengan 10 kgf/cm².

Pemanfaatan pipa ini biasanya untuk saluran air yang memiliki tekanan tinggi seperti saluran air dari pompa.

3. Pipa JIS Tipe D

Pipa Paralon JIS Tipe D merupakan salah satu jenis pipa paralon yang mengikuti standar JIS (Japanese Industrial Standards) dan memiliki spesifikasi khusus yang masuk ke dalam Tipe D.

Pipa kelas D sendiri memiliki ketahanan lebih kuat daripada pipa kelas C, tetapi tidak sekuat tipe AW. Ketahanannya hanya mampu menahan tekanan air hingga 5 kgf/cm².

4. Pipa JIS Tipe C

Jenis pipa PVC yang ketiga adalah jenis paralon JIS Tipe C. Jenis ini merupakan paralon dengan ketebalan paling tipis. Ukurannya mulai dari ⅝ sampai pipa PVC 5 inch.

Dengan ketebalan dan ukuran yang ada pada jenis pipa ini, biasanya pemanfaatannya hanya untuk pelindung kabel listrik saja.

5. Pipa Standar SNI

Terakhir, ada pipa paralon dengan standar SNI. Pipa ini sangat populer dan banyak digunakan oleh PDAM. Untuk ukuran panjangnya, paralon SNI banyak tersedia dalam ukuran panjangan 4 meter sampai dengan 6 meter.

Nah, bagi kamu yang mencari berbagai kebutuhan sistem perpipaan HDPE & PVC, maka salah satu merek terbaik yang bisa kamu pilih adalah Vinilon. Semua pipa PVC yang tersedia telah mengacu pada standar ISO dan SNI, sehingga menjamin keandalan fungsi dan kualitasnya. Untuk itu, pastikan kebutuhan pipa paralon kamu menggunakan produk-produk dari Vinilon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *